SOROT BALI, BADUNG – UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Badung kembali menorehkan prestasi membanggakan. Berdasarkan hasil survei terbaru, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Triwulan II Tahun 2025 mencapai angka 94,05, meningkat signifikan dari Triwulan I yang sebelumnya tercatat 93,07. Kenaikan sekitar 1 persen ini dinilai sangat baik dan menjadi bukti nyata bahwa Samsat Badung konsisten memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
“ Kepala UPTD Samsat Badung, I Ketut Sadar, S.Sos., MH., menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan penilaian jujur melalui survei IKM. “Terima kasih atas masukan dan penilaian masyarakat. Hasil ini akan menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kenaikan nilai IKM ini adalah wujud kerja keras dari seluruh tim,” ujarnya Kamis (3/6/2025).
“ Menurutnya, Beberapa indikator yang menjadi kepuasan masyarakat dalam pelayanan Samsat Badung adalah kecepatan dan ketepatan layanan. Salah satunya yakni, terlihat dari proses layanan drive thru yang hanya memakan waktu 2 menit selesai.
Selain itu, layanan ganti plat kendaraan yang sebelumnya memakan waktu antre hingga 4–5 jam, kini hanya butuh 30 menit namun dengan persyaratan berkas yang sudah lengkap.
“Kami berupaya memotong birokrasi yang tidak perlu agar wajib pajak tidak perlu menunggu lama dan Sekarang ganti plat, hanya 30 menit saja plat baru sudah ada di tangan,” jelas I Ketut Sadar.
Tak hanya soal kecepatan, suasana kerja juga menjadi perhatian serius, “ Kata Ketut Sadar, sementara Para pegawai Samsat Badung juga tampil kompak dan profesional yakni dengan seragam yang rapi, bersih, dan elegan. Khusus pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat, para pegawai mengenakan pakaian endek tenunan Bali hasil karya masyarakat lokal Klungkung. “Penampilan pegawai yang anggun dan ramah membuat wajib pajak merasa nyaman dan senang. Ini merupakan bagian dari pelayanan prima kami,” ucapnya.
“ Selain suasana Samsat Badung yang nyaman, “ Ia menyebutkan, pihaknya juga menyediakan fasilitas “ Teba Modern” dengan layanan kopi gratis bagi wajib pajak yang menunggu proses administrasi dan itu merupakan nilai tambah bagi pelayanan kami, “ Salah satu wajib pajak yang tidak mau disebut namanya mengatakan, pihaknya sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan Samsat Badung, selain pelayanannya cepat, pegawainya ramah, suasananya nyaman dan dapat kopi gratis lagi, “ Pokonya Samsat Badung Top Deh..” katanya.
“ Lebih lanjut I Ketut Sadar mengatakan, data suvei IKM triwulan II melibatkan 386 responden dengan latar pendidikan dan pekerjaan yang beragam dari segi pendidikan mayoritas responden adalah lulusan S1 sebanyak 171 orang, SMA 159 orang, D3 40 orang, SMP 7 orang dan S2 9 orang, Sedangkan dari pekerjaan terdapat PNS 66 orang, TNI 6 orang, POLRI 12 orang, pegawai swasta 146 orang, wiaswasta 159 orang.
Keberagaman latar belakang responden menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat bersifat inklusif dan merata disemua kalangan.
Penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat “ Menurut Ketut Sadar bukannya sekedar angka namun menjadi komitmen bersama bagi kami untuk terus berbenah, dengan berbagai masukan dari masyarakat kami akan terus berinovasi sehingga Samsat Badung tetap mendapat predikat “Layanan Terbaik” bukan hanya di Kabupaten Badung tetapi juga diseluruh bali.” Ungkapnya.(*).




